UPTD BLK Siapkan Tenaga Kerja Kompeten Melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi

 

 

RADARINDONESIA.NEWS, BATULICIN– Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar pelatihan kerja berbasis kompetensi tahap II dengan tema “Pengembangan Kemampuan dan Ketrampilan Sebagai Bekal Masuk ke Pasar Kerja, Wirausaha dan Menguatkan Produktivitas” di Gedung serba guna Desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (22/5/2024).

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Camat Kusan Hilir yang diwakili oleh Sekcam, Kapolsek Kusan Hilir, Kadis Disnaker, Kepala Sekolah dari beberapa sekolah di Pagatan, perwakilan Bank BNI, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, instruktur UPTD BLK Tanah Bumbu, peserta pelatihan angkatan I dan II.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kadri Masdar. Ia mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan berbasis kompetensi kepada pencari kerja, sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja setelah menyelesaikan pelatihan di BLK.

“Akan hadir BLK berskala nasional di Tanah Bumbu. Untuk menghadapi IKN dibutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak, sehingga tujuan pemerintah pusat dan kabupaten dalam upaya mengurangi angka pengangguran bisa teratasi dengan pelaksanaan pelatihan di BLK” ujarnya.

Pelatihan tahap kedua ini membuka lima kejuruan meliputi Pengelola Administrasi Perkantoran (PAP), desainer grafis muda, pembuatan roti dan kue, menjahit pakaian wanita dewasa, dan pemeliharaan injeksi kendaraan ringan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja berharap agar melalui pelatihan ini bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tanah Bumbu.[]

Comment