Rencana Survei Seismik 2D di Lepas Pantai Timur Pulau Nias Disosialisasikan

Daerah, Kep. Nias71 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Nias dan PT. Sinma Shipping Line untuk pelaksanaan survei seismik 2D di wilayah lepas pantai timur Pulau Nias, Sumatera Utara, memasuki tahapan sosialisasi, Kamis (10/10/2024), bertempat di ruang Gido, Kantor Bupati Nias.

Disampaikan Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Nias, Eliman Mendrofa menjelaskan dalam sosialisasi ini terdapat sejumlah agenda, mulai dari memberikan pemahaman terkait dengan tahapan, metode pelaksanaan dan hal-hal yang perlu menjadi perhatian tim pelaksana selama kegiatan survei berlangsung.

Eliman juga menambahkan, pihak perusahaan nantinya akan memulai kegiatan survei pada akhir Oktober sampai dengan November 2024 di sepanjang 6.572,71 km lepas pantai Barat Sumatera.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Samson P. Zai menyambut baik rencana pelaksanaan kegiatan ini. Ia memandang perlu dilakukan serangkaian survei untuk menggali potensi disetiap wilayah, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan minyak dan gas.

Jika hasil eksplorasi potensi sumber daya mineral di wilayah perairan Kabupaten Nias membuahkan hasil, Samson optimis melalui kekayaan alam yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kepada pimpinan PT. Sinar Shipping Line sebagai pelaksana kegiatan, agar menyampaikan gambaran secara utuh tentang teknis pelaksanaan survei yang dilakukan, hasil yang diharapkan dan yang bersinggungan dengan aktifitas survei, terutama dengan aktifitas nelayan di wilayah perairan Kabupaten Nias. Demikian juga perlakuan bila terdapat nelayan seperti rumpon yang termasuk dalam alur survei, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi para nelayan,” harapnya.

Samson juga berpesan kepada pimpinan perusahaan untuk tetap melakukan koordinasi dan hasil survei segera diinformasikan dan dilaporkan sebagai bahan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias.

Terkait dengan jalur pelaksanaan kegiatan survei, Kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias, Taondrasi Mendrofa menghimbau untuk membangun komunikasi yang baik terkait aktivitas nelayan agar tidak saling terganggu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, unsur Forkopimda Kabupaten Nias, para Asisten Sekda Kabupaten Nias, para Kepala OPD, Kabag lingkup Setda Kabupaten Nias, Danpos TNI AL Nias, Dansat Polairud Nias, Kepala KSOP Gunungsitoli, Kepala KPLP Gunungsitoli, Pimpinan PT. Pelindo Gunungsitoli, Tim Sosialisasi PT. Sinma Shipping Line dan para nelayan.[]

Comment