Pemkab Nias Bagikan Bantuan Sarana Produksi Pertanian untuk Kesejahteraan Petani

Daerah, Kep. Nias115 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Nias dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani, Bupati Nias Ya’atulo Gulo menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian, Selasa (25/6/2024), bertempat di ruang serbaguna Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Nias.

“Salah satu isu global saat ini yang memerlukan perhatian serius dari setiap negara adalah masalah ketahanan pangan. Menghadapi kondisi tersebut, pemerintah mengupayakan pemenuhan pangan masyarakat melalui kebijakan yang berorientasi pada pemanfaatan potensi dan sumberdaya lahan yang tersedia,” jelas Ya’atulo dalam arahannya.

Menurutnya, dengan meningkatkan produksi pertanian khususnya komoditi padi melalui peningkatan indeks pertanaman, perluasan areal tanam dan peningkatan produktifitas, kondisi darurat pangan dapat dicegah.

Andapun Kementerian Pertanian ikut serta mengalokasikan sejumlah bantuan untuk mengantisipasi terjadinya darurat pangan di Kabupaten Nias berupa optimasi lahan rawa seluas 520 Ha, berlokasi di Kecamatan Bawolato dan Kecamatan Gido serta pompanisasi yaitu irigasi perpompaan.

Bantuan alat dan mesin pertanian untuk mendukung optimasi lahan rawa dan pompanisasi, yakni traktor roda 4 sebanyak 5 unit, traktor roda 2 sebanyak 20 unit dan pompa air sebanyak 13 unit.

Selain itu, petani di Kabupaten Nias mendapatkan Bantuan Sarana Produksi berupa benih padi sebanyak 19 ton (APBD Kabupaten Nias) dan 11,2 ton (APBD Provinsi Sumatera Utara); benih jagung sebanyak 2,6 ton (APBD Kabupaten Nias) dan 750 kg (APBD Provinsi Sumatera Utara); serta pengembangan cabai 4,5 ha.[]

Comment