Manager PLN UP3 Nias : Izinkan Kami Tebang Pohon Dekat Jaringan Listrik

Daerah, Kep. Nias148 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Jaringan listrik di wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara, masih kerap terganggu akibat tingginya insiden pohon tumbang.

Manager PLN UP3 Nias, Revi Aldrian mengatakan, gangguan aliran listrik akibat pohon tumbang masih menjadi perhatian serius pihaknya.

Sebab, kata Revi, hal ini dapat terjadi tanpa mengenal musim. Membuat jaringan listrik yang berdekatan dengan pohon kerap terganggu.

Saat angin kencang, jaringan dapat bergesekan dengan ranting pohon. Bukan hanya itu, angin kencang juga dapat menyebabkan pohon tumbang ke jaringan dan tiang listrik, sehingga menyebabkan listrik padam.

“Pohon tumbang mengenai jaringan listrik bisa terjadi kapan pun. Tidak mengenal musim, saat musim hujan atau lagi cuaca buruk intensitas gangguannya sangat tinggi, dan ini terjadi di dataran tinggi maupun dataran rendah,” kata Revi kepada awak media ini, Selasa (17/9/2024).

Untuk menanggulangi potensi gangguan, petugas lapangan rutin dari ULP Gunungsitoli, ULP Teluk Dalam dan ULP Nias Barat terus melakukan pengecekan dan pembersihan pohon dekat jaringan.

Revi juga menambahkan bahwa jaringan listrik harus steril dari pohon minimal 3 meter. Baik bagian atas, bawah, dan samping.

“Kami sangat memohon bantuan bapak dan ibu, izinkan kami tebang pohon dekat jaringan listrik,” pinta Revi kepada pemilik tanaman.[]

Comment