Langkah Konkrit PLN UP3 Nias Cerdaskan Kehidupan Bangsa Untuk Kemajuan Daerah

Daerah, Kep. Nias192 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Keseriusan PT. PLN (Persero) dalam peranannya menjalankan amanah Undang-Undang Dasar (UUD) untuk mencerdaskan kehidupan bangsa terus dibuktikan.

Salah satu langkah konkrit yang dilakukan PLN adalah dengan mengajak dan menerima kerjasama akademis melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pada penerapannya, PLN UP3 Nias kembali menerima rombongan pelajar PKL dari SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli, Selasa (2/7/2024). Dimana sebelumnya juga pernah menjalin kerjasama dengan SMK Negeri 1 Dharma Caraka Gunungsitoli dan SMK Swasta Baktiluhur Teluk Dalam.

“Jujur pak, kami senang ketika anak-anak (peserta PKL-red) sekolah BNKP diberi kesempatan dalam kegiatan ini,” ucap Ardilius Baewa, salah seorang guru pembimbing saat penyerahan peserta PKL di ruang serbaguna PLN UP3 Nias.

Menurutnya, kegiatan ini akan menjadi bagian dari sejarah, dimana baru pertama kali SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli melakukan kerjasama dengan PLN.

Ia berharap, kegiatan yang akan berlangsung dari Juli sampai dengan November 2024 ini, akan menjadi ajang menempa diri, pengalaman dan pengetahuan dalam mempersiapkan softskill di dunia kerja kelak. Namun tidak lupa ia juga menyampaikan pesan Kepala Sekolah untuk menjaga hubungan kerjasama ini dalam jangka panjang.

“Semoga kerjasama dengan pihak bapak (PLN-red), tidak hanya berakhir disini,” sebutnya.

Adapun jumlah peserta PKL sebanyak 10 orang pelajar dengan rincian 6 orang dari jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan 4 orang dari jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP).

Disisi lain pihak PLN juga mengingatkan para pelajar yang bergabung di program PKL PLN UP3 Nias untuk wajib mentaati peraturan yang berlaku di perusahaan. Tidak hanya itu, PLN menegaskan bahwa selama berkegiatan para peserta juga harus menjaga nama baik sekolah dan perusahaan di masyarakat umum.

“Karena kalian akan menjadi duta-duta PLN di masyarakat,” ujar Lamris Rajagukguk, selaku pelaksana harian tugas Manajer PLN UP3 Nias.

Masih dikesempatan yang sama, Manager PLN UP3 Nias, Revi Aldrian melalui sambungan terbuka via zoom kepada peserta PKL SMK Swasta BNKP Gunungsitoli angkatan pertama PLN UP3 Nias, memohon maaf tidak dapat hadir memberi pengarahan ditempat, karena sedang melakukan aktivitas kedinasan di Jakarta.

Kendati demikian dirinya mengingatkan empat hal kepada seluruh peserta untuk menjaga keselamatan, menjaga Kesehatan, saling peduli dan terus belajar mengembangkan diri.

Menurut Revi keseluruhan hal tersebut menjadi kunci dalam pelaksanaan PKL. Ia berharap, dimasa mendatang para peserta akan menjadi tunas harapan kemajuan di Tano Niha.

“Mudah-mudahan dimasa mendatang, kalian bisa masuk PLN,” tutupnya disambut dengan jawaban Amin oleh seluruh peserta.

Melalui kesempatan kerjasama akademik yang dilakukan oleh PLN UP3 Nias, diharapkan bisa memberi kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas SDM di Kepulauan Nias, sehingga nantinya dapat berdampak pada kemajuan daerah.[]

Comment