Jelang Peringatan HUT KEMRI ke 79, Pemkab Nias Gelar Pesta Olahraga Rekreasi

Daerah, Kep. Nias301 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT KEMRI) ke 79 Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Nias selenggarakan pesta olahraga rekreasi.

Ketua panitia kegiatan, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Fanolo Laoli dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk melestarikan olahraga tradisional.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan olahraga rekreasi ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkat prestasi dibidang olahraga, menumbuhkan kecintaan masyarakat, melestarikan olahraga tradisional dan mempromosikan wilayah Kabupaten Nias,” lapor Fanolo, Kamis (1/8/2024), bertempat di lapangan beringin Hiliweto Gido.

Dikatakannya, ada dua jenis kegiatan perlombaan yang akan dilaksanakan, yakni sepeda santai atau fakureta (bahasa Nias) dan pertandingan bola voli plastik atau fafoli (bahasa Nias).

“Untuk pertandingan bola voli plastik, waktu pelaksanaan dimulai dari tanggal 1 sampai dengan 11 Agustus 2024, tempat pelaksanaan di lapangan beringin Hiliweto Gido,” ungkapnya.

Peserta bola voli plastik ini, kata Fanolo, diikuti 60 klub yang berasal dari tingkat desa, lembaga maupun organisasi masyarakat.

“Sedangkan sepeda santai dilaksanakan pada 10 Agustus 2024, dengan rute dimulai dari komplek perkantoran menuju simpang Geu Lumo ke Desa Somi, Desa Lasela, kembali lagi dan finis di Kantor Bupati Nias,” ujarnya.

“Kegiatan ini dapat diikuti masyarakat umum, baik dari Kabupaten Nias, Kepulauan Nias ataupun dari luar daerah lain,” sambungnya.

Sementara itu dalam sambutan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, Sabayuti Gulo meminta kepada Bupati Nias untuk dapat mengagendakan secara rutin kegiatan olahraga rekreasi ini.

“Semoga ini akan menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Nias, karena selain untuk menyehatkan tubuh, juga menjadi ajang mempererat tali persaudaraan, terlebih antar klub,” harap Sabayuti.

Kepada para peserta, pimpinan DPRD Kabupaten Nias itu berpesan untuk menjunjung tinggi sportifitas dan rasa persaudaraan.

“Saya mengucapkan selamat berolahraga, selamat bertanding untuk seluruh kontingen yang berasal dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Nias,” imbuh Sabayuti mengakhiri.

Menjawab harapan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias, Bupati Nias Yaatulo Gulo mengatakan bahwa pihaknya akan menjadwalkan kegiatan ini terlaksana di bulan Agustus tiap tahunnya.

“Kita harus branding olahraga rekreasi ini, karena bola voli bukan plastik, jadi ini nanti kita daftarkan ke HKI dengan nama fafoli, begitu juga dengan fakureta, ini akan menjadi kekayaan intelektual Kabupaten Nias,” ucapannya memberikan arahan kepada Kadis Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kabupaten Nias itu berpandangan, untuk menjadi juara ditentukan oleh 80 persen mental yang dimiliki, bukan semata-mata karena faktor skill atau teknik.

“Junjung tinggi sportifitas dan jadikan kegiatan ini menjadi panggung menciptakan prestasi,” harap Bupati Nias.[]

Comment