Dosen Prodi Teknik Sipil UTU Sosialisasikan K3 Konstruksi Pembangunan Tanggul Kabupaten Aceh Barat

Aceh, Daerah84 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, ACEH –Dosen Prodi Teknik Sipil Universitas Teuku Umar melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ACEH Dengan tema “Sosialisasi dan Penerapan K3 Konstruksi Pada Pengaman Tanggul Pelabuhan Sebagai Peningkatan Safety Building di Wilayah Pesisir Kabupaten Aceh Barat di Aula Gampong Ujung Kalak Kabupaten Aceh Barat, Jumat (6/9/24).

Hal ini dilakukan dalam rangka memberi pemahaman terkait safety building, sarana keselamatan, APD, dan rambu keselamatan dan meningkatkan kesadaran pentingnya K3 saat melaksanakan pekerjaan konstruksi.

Kesempatan tersebut dihadiri oleh pekerja kontraktor pelaksana PT. Fata Perdana Mandiri yang sedang mengerjakan proyek Pembangunan Tanggul Laut Pengaman Pantai Kota Meulaboh di Desa Kampung Pasir, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat Tahun Anggaran 2024.

Selain itu, hadir pula ketua Health Safety and Enviromental (HSE), Ir. Dicky ST konsultan PT Ika Adya Perkasa, KSO PT Tirtayasa Multiplan.

Sosialisasi tersebut dihadiri 18 peserta. Selain pekerja dari pihak kontraktor, diundang pula masyarakat Gampong yang bekerja sebagai tukang. Hal ini untuk memberikan pemahaman terkait  K3.

Keuchik Gampong Ujung Kalak Bapak Sulaiman Ali d

Dalam sambutan pembukaan acara, Keuchik Gampong Ujung Kalak,  Sulaiman Ali mengpresiasi kegiatan yang dilakukan pihak kampus atas kunjungan yang dapat memberi wawasan kepada masyarakat di desanya.

Tim pengabdian yang didanai oleh internal UTU Tahun Anggaran 2024 ini  diketua oleh Ir Zakia ST MT debgan anggota tim yakni Ir Inseun Yuri Salena, BSc., MSc, Ir Meylis Safriani, ST, MT, Ir Dian Febrianty, ST., MT, Ir. M. Arrie Rafshanjani, ST, MT, Fitry Hasdanita, ST., MT dan 2 orang mahasiswa (Elfianitia dan M. Yatim).

Materi yang diberikan meliputi penjelasan tentang Dasar-dasar Keselamatan Kesehatan Kerja (K3), Undang-Undang Ketenagakerjaan, Kecelakaan Kerja, Prinssip Dasar dan Penerapan K3, Permasalahan Pelaksanaan K3, Program APD, dan Rambu Keselamatan.

Sebelum kegiatan, peserta diberikan kuesioner pre test dan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta terhadap kegiatan sosialisasi yang telah diikuti.

Di akhir acara, tim pengabdian UTU juga memberikan dua buah rambu keselamatan kerja ke pihak Kontraktor.[]

Comment