Didukung Banyak Pihak, ULP Teluk Dalam Lakukan Pembersihan Jalur Jaringan Listrik

Daerah, Kep. Nias209 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS SELATAN – Tak henti-hentinya langkah humanis terus dilakukan PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Nias untuk meminta izin persetujuan pembersihan tanaman milik warga yang berpotensi mengganggu jaringan listrik.

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan PLN UP3 Nias agar kehandalan pasokan listrik ke rumah atau tempat usaha pelanggan dapat terus terjaga.

Kali ini PLN UP3 Nias melalui Unit Layanan Pelanggan (ULP) Teluk Dalam melakukan perundingan dengan warga Desa Sifitubanua, Kecamatan Somambawa, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, yang tidak mengizinkan pohon yang sudah menyentuh jaringan kabel PLN untuk ditebang.

Manager PLN ULP Teluk Dalam, Mukhlis Suhada menjelaskan, aksi mediasi ini merupakan tindak lanjut dari tidak diizinkannya oleh dua orang warga pemilik pohon pinang dang pohon pisang.

“Jarak aman jaringan listrik harus bersih dari tanaman keras atau gangguan lainnya dengan radius minimal tiga meter disisi kiri dan kanan jaringan, serta tidak adanya tanaman yang berada dibawah jaringan Tegangan Menengah (TM) yang nanti bisa mengganggu kehandalan pasokan listrik kepada pelanggan PLN,” terang Mukhlis saat bertemu warga.

Ia optimis dengan telah dibersihkannya tanaman keras yang berada di dekat jaringan listrik, kelistrikan akan menjadi handal dan masyarakat akan menikmati dampak positifnya.

Atas aksinya ini, Manager PLN ULP Teluk Dalam yang turut didukung Camat Somambawa, Kapolsek Lahusa, Kepala Desa Somambawa dan Kepala Desa Sifitubanua berhasil melakukan pembersihan jalur jaringan listrik.

“Kita patut bersyukur kegiatan ini banyak pihak yang turut mendukung, tidak terkecuali masyarakat yang dengan ikhlas hati ikut serta bergotong royong dalam melakukan penebangan pohon yang mendekati jaringan,” ungkapnya.

“Hasil dari pekerjaan ini terdiri dari penebangan pohon pinang sebanyak 36 batang, pohon pisang sebanyak 14 batang dan tanaman liar sebanyak 18 batang,” sambung Mukhlis.

Diakhir penyampaiannya, Mukhlis tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah terlibat mendukung kegiatan pembersihan jalur jaringan listrik demi terwujudnya Nias Terang.

Dikesempatan berbeda, Manager PLN UP3 Nias, Revi Aldrian kepada radarindonesianews.com, Minggu (11/8/2024), mengapresiasi langkah preventif yang dilakukan Manager PLN ULP Teluk Dalam.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap langkah-langkah preventif yang dilakukan Manager ULP Teluk Dalam untuk menggandeng masyarakat supaya lebih peduli terhadap kehandalan pasokan listrik di daerah Teluk Dalam dan sekitarnya,” tutur Revi.

“Kita berharap hal yang sangat positif ini dapat terus berkelanjutan di daerah lainnya. Kita optimis Nias Terang bukan hanya sekedar jargon, namun nyata dan dapat dirasakan,” pungkasnya.[]

Comment