Inovasi CENTANG BARU Buahkan Hasil, Jalan Lintas di Kecamatan Hiliduho Diperbaiki

Daerah, Kep. Nias99 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Inovasi Cepat dan Tanggap Gotong Royong Bentuk Inisiatif Warga Hiliduho (CENTANG BARU) yang digagas oleh Pemerintah Kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, kini membuahkan hasil yang baik.

Ditangan dingin Camat Hiliduho, Elman Perwira Putra Nazara merangkul 16 pemerintahan desa, para pemangku kepentingan dan masyarakat di Kecamatan Hiliduho dengan melakukan aksi penimbunan jalan yang rusak dengan mengandalkan swadaya dari para pihak sejak awal tahun 2023.

Tak jarang hasil dari gotong royong ini tidak bertahan lama dan harus dilakukan berulang kali karena intensitas hujan tinggi yang kembali mengikis timbunan.

Kepada radarindonesianews.com, Camat Hiliduho, Elman Perwira Putra Nazara membeberkan, kerinduan masyarakat akan akses jalan yang baik kini telah diwujudkan Pemerintah Kabupaten Nias.

“Perbaikan infrastruktur jalan ini sudah menjadi kerinduan kita sejak lama. Hal inilah yang kemudian menjadi cikal bakal semangat kita untuk menghadirkan inovasi CENTANG BARU, dan sekarang sudah terbayarkan,” ujar Elman tersenyum, Kamis (10/10/2024).

“Perlu kami sampaikan bahwa perbaikan infrastruktur tahun 2024 ini merupakan salah satu usulan prioritas Kecamatan Hiliduho pada Musrenbang Kecamatan di Tahun 2023 yang lalu. Tentunya atas doa kita bersama, Pemerintah Kabupaten Nias menerima usulan dan kegiatannya langsung dilaksanakan pada tahun 2024 ini,” tuturnya lebih lanjut.

Foto : Camat Hiliduho, Elman Perwira Putra Nazara

Camat Hiliduho meyakini, dengan mulusnya akses jalan penghubung Kota Gunungsitoli – Kabupaten Nias Utara, waktu yang digunakan para pengendara saat melintasi jalan ini nantinya akan terpangkas.

Kendati demikian, Elman berharap untuk tetap berhati-hati saat melintas, mematuhi rambu-rambu lalulintas, dan lebih mengutamakan keselamatan.

“Kami menghimbau kepada para pengendara yang melintasi jalan ini untuk berhati-hati karena proses pembangunan pemeliharaan ruas jalan di Kecamatan Hiliduho sedang berlangsung,” ucapnya.

Mengakhiri penyampaiannya, Elman tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias yang telah mengabulkan keluhan masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Hiliduho dan masyarakat, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan terlibat dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Nias, khususnya di Kecamatan Hiliduho,” pungkas Elman.

Diketahui pemeliharaan jalan ruas Mazingo Tanose’o – Lasara Tanose’o, Kecamatan Hiliduho yang bersumber dari APBD Kabupaten Nias Tahun Anggaran 2024 menelan biaya sebesar Rp. 2.464.500.000,-.[]

Comment