Mahasiswa Baru UIA Jalani Masa Taaruf

Pendidikan73 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, PONDOK GEDE  —Universitas Islam As syafiiyah (UIA) melaksanakan Masa Taaruf Mahasiswa Baru (MTMB), dengan tema” Mempersiapkan Generasi Unggul Menyongsong Indonesia Emas”.

Kegiatan berlangsung di halaman kampus 1 Jl. Raya Jatiwaringin-Pondok Gede, Kamis-Sabtu (12-14) September 2024.

Pada seremonial pembukaan (Kamis 12/9) ikut memberikan pengarahan antara lain Ketua Yayasan Prof. DR. H. Dailami Firdaus S.H, LLM , MBA, Rektor Prof. DR. Masduki Ahmad S.H., MM. dan wakil Rektor Prof. DR. Iffah Budiningsih.
Hadir juga sejumlah Dosen, Kaprodi dan Dekan diantaranya Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) DR, Misbah Fikrianto M.Pd., M.Si, MM.

Dalam arahan bertema “Etika Budaya dan Kehidupan Kampus”, Rektor UIA Prof. DR. Masduki Ahmad S.H, MM menekankan pentingnya etika bagi mahasiswa. UIA, kata Masduki, adalah tempat berpadunya ilmu dan agama.

“Di UIA nilai-nilai agama harus menjadi panduan hidup. Etika dan adab mesti dijunjung tinggi. Sehingga outputnya bukan hanya berilmu tinggi tetapi juga beriman dan bertaqwa,” tuturnya.

Ilmu dan iman, lanjut Masduki, harus sejalan untuk menuju Indonesia emas. Indonesia yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa dan yang dicita-citakan oleh pendiri Universitas As Syafiiyah, yakni KH Abdullah Syafi’i.

Menjawab pertanyaan mahasiswa baru tentang adanya kecenderungan perilaku vandalisme dalam menyampaikan aspirasi (demo) di depan umum. Seperti merobohkan pagar dan merusak fasilitas publik, Masduki menjawab, bahwa mahasiswa UIA jangan terpancing untuk melakukan aksi vandalisme untuk menunjukkan jati diri. Menyampaikan asiprasi ada etika dan adabnya.

“Jangan terpancing jika ditantang oleh mahasiswa lain. Seperti . -Ini dadaku, mana dadamu. Lu jual gue beli- Jangan mau seperti itu. Kita harus sedikit sabar. Kesabaran menunjukkan tingkat intelektualitas kita, seperti yang diajarkan dalam agama kita,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru (Penmaru) UIA DR. Sabar Lesmana mengatakan jumlah mahasiswa UIA tahun ini sebanyak 673 mahasiswa terdiri dari 6 Fakultas, yakni FKIP, FH, FKes, FAI, FE dan FT.

“Yang ikut MTMB hanya mahasiswa regular saja, yakni sebanyak 354 mahasiswa. Sedangkan mahasiswa kelas karyawan tidak diwajibkan,” Imbuhnya.[]

Comment