Pemimpin Muda ASEAN Berkumpul di Pertemuan Model ASEAN Plus Australia

Nasional64 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Para pemimpin muda dari seluruh ASEAN, Timor-Leste, dan Australia bertemu di Jakarta untuk berpartisipasi dalam Pertemuan ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting Plus Australia (AFMAM Plus Australia) dari 9-14 September 2024.

Acara ini merupakan bagian dari perayaan 50 tahun Hubungan Dialog ASEAN-Australia. Acara ini dibangun berdasarkan hasil KTT Khusus ASEAN-Australia yang diadakan di Melbourne pada Maret 2024, yang menggarisbawahi pentingnya keterlibatan pemuda dalam membentuk masa depan hubungan ASEAN-Australia.

Model ASEAN mempertemukan 39 pemimpin masa depan yang luar biasa dari seluruh kawasan, untuk mensimulasikan pertemuan tingkat tinggi ASEAN, yang memungkinkan mereka memperoleh pengalaman langsung di bidang diplomasi, negosiasi, dan kerja sama regional.

“Saya senang Australia, bersama ASEAN dan ASEAN Foundation, dapat menyediakan forum bagi para pemimpin muda untuk mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan hubungan jangka panjang dengan rekan-rekan dari seluruh kawasan, saat mereka memulai masa depan yang menjanjikan,” kata Tiffany McDonald, Duta Besar Australia untuk ASEAN.

“Saya juga gembira melihat para generasi penerus pemimpin ASEAN dan pemimpin Australia bersatu melalui program yang berdampak ini. Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat hubungan diplomatik, tetapi juga memberdayakan kaum muda kita dengan keterampilan dan jaringan yang mereka butuhkan untuk mendorong perubahan positif di kawasan ini,” kata Dr. Piti Srisangnam, Executive Director ASEAN Foundation.

Pengalaman ini sangat penting karena berlangsung di Indonesia, yang merupakan Koordinator Negara ASEAN untuk Australia tahun 2024-2027, yang menggarisbawahi hubungan bilateral yang kuat antara kedua negara kita serta peran penting Indonesia dalam memfasilitasi kerja sama ASEAN-Australia.[]

Comment