KPU Tingkatkan Literasi Masyarakat Terkait Pemilu di Kabupaten Nias

Daerah, Kep. Nias357 Views

 

RADARINDONESIANEWS.COM, NIAS – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih pasca pemungutan suara tahun 2024 di daerah 3 T (Terpencil, Terluar, Terdepan), bertempat di Gedung Serbaguna Howu-howu, Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Rabu (3/7/2024).

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan literasi masyarakat terkait pemilu dan demokrasi khususnya di daerah 3T ini menghadirkan 3 orang narasumber, antara lain Sitori Mendrofa (Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara devisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat); Fauzi Ahmad Noor (Penggerak Desa Anti Politik Uang); dan Iman Murni Telaumbanua (Akademisi yang juga mantan Komisioner KPU Kabupaten Nias).

Dalam laporan Plh. Sekretaris KPU Kabupaten Nias, Iwan Lestari Lahagu mengatakan, partisipasi masyarakat dibutuhkan tidak hanya untuk meningkatkan jumlah pemilih yang memberikan suaranya di TPS pada saat pemungutan suara tetapi juga dimaksudkan agar masyarakat dapat terlibat aktif secara berkelanjutan (pra pemilu, penyelengaraan pemilu dan pasca pemilu).

“KPU melakukan terobosan dalam upaya peningkatan kepesertaan pemilih melalui kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih pasca pemungutan suara tahun 2024 di 38 lokus yang tersebar di 21 Provinsi,” ucap Iwan Lestari.

Ia juga menambahkan, untuk pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini, KPU menghadirkan 100 orang peserta yang berasal dari perwakilan elemen masyarakat dan 16 orang peserta dari perwakilan partai politik peserta pemilu di Kabupaten Nias.

Sementara itu, Plh. Ketua KPU Kabupaten Nias, Fransiskus Lafau pada penyampaian sambutannya menjelaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk dilaksanakan karena Kabupaten Nias merupakan salah satu lokus.

“Angka partisi pada pemilu 2024 ada 69,9 persen partisipasi masyarakat,” ungkap Fransiskus.

Dengan tingkat partisipasi tersebut, pihaknya (KPU-red) sangat menyambut baik pelaksanaan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Kami sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini di Kabupaten Nias. Saya mengajak seluruh hadirin untuk dapat bersama-sama mengikuti secara seksama kegiatan ini,” tutur Fransiskus.

Masih di kegiatan yang sama, Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara, Sitori Mendrofa usai membuka secara resmi kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih mengajak partai politik untuk ikut serta berperan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini bertujuan untuk pendidikan pemilih, yang dimana sebelum dan sesudah pelaksanaan pemilihan selalu kita lakukan,” ujar Sitori mengawali sambutan.

“Kepada pimpinan partai politik, dengan ini kami memohon untuk turut memberikan pendidikan politik kepada susunan kepengurusan hingga ketingkat desa dan masyarakat,” sambung Sitori.

Diakhir penyampaiannya, Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara itu mengucap terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Nias yang telah ikut serta mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Sepulangnya dari sini, saya harap kita tidak hanya membawa pulang souvernir, melainkan juga turut membawa hadiah berupa ilmu yang kita dapatkan dari para narasumber kita,” tutup Sitori.

Terpantau awak media ini, hadir Anggota KPU Kabupaten Nias Dedi K. Bate’e yang bertindak sebagai moderator, dan turut dihadiri Anggota KPU Kabupaten Nias Selizaro Mendrofa, John Apriman Mendrofa serta jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Nias.[]

Comment