RRI Gunungsitoli Temukan Bintang Radio Baru, Berikut Daftarnya

Daerah, Kep. Nias67 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, GUNUNGSITOLI – Kompetisi pencarian bakat tarik suara bintang Radio Republik Indonesia (RRI) Gunungsitoli memasuki babak grand final, Rabu (15/11/2023), berlangsung di Auditorium Drs. Fauduzisòkhi Telaumbanua.

Ajang bergengsi pencarian bakat bintang radio ini dimulai dengan tahapan pendaftaran sejak tanggal 1-12 November 2023, kemudian dilanjutkan dengan audisi pada 13 November, tehnical meeting 14 November dan grand final 15 November.

Ketua panitia bintang RRI Gunungsitoli Tahun 2023, Victor Zendrato, S.E kepada radarindonesianews.com menjelaskan bahwa tahapan pelaksanaan pencarian bakat ini berdasarkan petunjuk teknis dari panitia di Kantor RRI pusat.

“Berdasakan juknis dari pusat bahwa hasil grand final hari ini dewan juri hanya memilih 3 terbaik putra dan putri, sedangkan juara 1 putra dan putri utusan tingkat nasional nanti akan di nilai oleh 20 dewan juri berkwalitas nasional melalui kiriman video masing-masing satuan kerja RRI, hasilnya akan diumumkan secara serentak seluruh satker RRI se-Indonesia tanggal 23 November 2023 melalui zoom,” ungkap Victor.

Ia menjelaskan, kompetisi ini diikuti oleh putra putri berbakat dari 5 Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias, yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara dan Kota Gunungsitoli.

“Jumlah peserta tahun ini tercatat 118 orang berasal dari wilayah Kepulauan Nias, dari jumlah tersebut 12 orang diantaranya dinyatakan tidak lulus berkas dikarenakan tidak memenuhi syarat usia, sehingga total perserta bintang radio tahun 2023 ini sebanyak 106 orang terdiri dari jumlah laki-laki 36 orang dan wanita berjumlah 70 orang, untuk tahun ini presentase jumlah dan animo kaum muda mengikuti ajang bintang radio RRI Gunungsitoli naik 50 persen,” beber Victor.

Sementara itu, Kepala RRI Gunungsitoli Ir. Abdul Gafar Zakaria saat menyampaikan arahan dan bimbingan mengatakan bahwa bintang radio Indonesia merupakan agenda tahunan yang senantiasa dilakukan oleh RRI seluruh Indonesia.

Abdul mengklaim, pencairan bakat RRI ini termasuk dalam salah satu ajang bergengsi yang ada di Indonesia.

“Bermula dari sini banyak lahir artis-artis yang sukses ditanah air, oleh sebab itu hari ini RRI Gunungsitoli akan menampilkan 20 artis dari Kepulauan Nias untuk menujukkan kebolehannya berlaga ditingkat nasional,” tutur Abdul.

Adapun nama-nama tiga terbaik putra dan putri berdasarkan berita acara yang dibacakan oleh dewan juri Indra Hulu, Yamo Telaumbanua dan Mirah Tri Niscaya Ndraha, antara lain tiga terbaik pria : Hengki Tri Faatulo Laoli, Restu Jaya Gulo, Juniaman Zai sedangkan tiga terbaik wanita : Priska Juli Kristine Giawa, Asnyepi Garamba, Kristin Mei Putri Iman Hia.

Kegiatan grand final tersebut ditutup dengan penyerahan tropi, uang pembinaan, sertifikat kepada ketiga terbaik putra dan putri serta sementara finalis lain mendapat sertifikat dari panitia.[]

Comment