Malam Anugrah Piala Citra Festival Film Indonesia 2023 akan Dimeriahkan Rossa dan Iwan Fals

Hiburan99 Views

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA– Malam anugrah piala citra Festival Film Indonesia 2023 akan berlangsung pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreuneur Theater, Jakarta.

Setelah mengumumkan daftar nominasi 14 Oktober 2023 di museum nasional indonesia, saatnya puncak penghargaan perfilman tertinggi di Indonesia akan dilangsungkan.

Malam anugrah FFI 2023 yang diaelenggarakan di Geduang Kemendikbud, Jumat (2/11/2023) ini mengambil tema dengan konsep “Citra” yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967.

Komite periode 2021- 2023 yang diketuai Reza Hardian mengungkapkan, selama tiga tahun terakhir penyelenggara FFI dengan tahun pertamanya masih berada di masa pandemi dan kini sudah berada di masa endemi.

Menurut Reza Rahardian, banyak capaian yang telah diraih di antaranya melakukan adaptasi pada beberapa persyaratan untuk film yang layak mendaftar hingga beberapa kategori baru seperti kritik dan kategori nominasi favorit pilihan penonton.

Direktur jenderal kemendibudristek Hilmar Farid yang hadir dalam momen tersebut menambahkan, penyelenggaraan FFI yang berada di bawah kemendibudristek menjadi mandat untuk terus memberikan dukungan konkret pada ekosistem kesenian dan kebudayaan khususnya ekosistem perfilman Indonesia .

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi tuan rumah konferensi pers untuk perhelatan Festival Film bergengsi di tanah air ini.

Konferensi pers ini juga dihadiri Ahmad Mahendra (Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbud), Reza Rahadian (Ketua Umum FFI 2021-2023), dan Garin Nugroho (Komite Bidang Penjurian FFI 2021-2023), berlangsung dari Gedung A Kemendikbud, Lt. 3, Jumat (3/11/23).

Malam anugerah FFI 2023 sendiri akan berlangsung pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreuneur Theater,
Jakarta.

“Selama tiga tahun terakhir penyelenggara FFI dengan tahun pertamanya masih dalam masa pandemi dan kini sudah berada di masa endemi. Ada banyak capaian yang telah dilalui diantaranya, melakukan adaptasi pada beberapa persyaratan untuk film yang layak mendaftar, hingga hadirnya beberapa kategori baru,” ujar Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2021-2023.

Malam anugerah FFI 2023 mengusung tema dan konsep “Citra” yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967.

“Penyelenggara FFI dalam naungan Kemendikbudristek, diberikan mandat untuk terus memberikan dukungan konkret pada ekosistem kesenian dan kebudayaan khususnya ekosistem perfilman Indonesia, ” ucap Dirjen Kemendikbudristek, Hilmar Farid.

Pengumuman daftar nominasi telah dilakukan pada 14 Oktober 2023 di museum nasional indonesia.

Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman dan Musik di Kementerian Pendidikan juga menjelaskan perihal perspektif unik tentang peran kementerian dalam mendukung industri film dan musik di Indonesia. Dalam uraiannya, Mahendra menyoroti pentingnya pendidikan dan budaya dalam mendorong kemajuan dalam sektor ini.

FFI tahun ini, diharapkan para peserta dapat membawa pulang pengetahuan baru dan semangat yang membara untuk berkontribusi dalam kemajuan industri film di Indonesia.[]

Comment