Air Mata Antara Tangis, Fakta Dan Hikmah

Opini930 Views

 

 

Oleh: Ifarisah Muhtadil Zanah, Freelance Writer

__________

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA — Air mata adalah ciptaan Allah yang begitu berharga. Meskipun  nampak hanya cairan yang mengalir dari selaput mata, namun ada fakta dan hikmah yang membuat kita belajar sebagai manusia.

Air mata mempunyai sistem rumit yang terdiri dari 3 lapisan, yaitu pertama lapisan minyak. Lapisan ini terletak di bagian terluar untuk melindungi lapisan lainnya agar tidak menguap, serta menghaluskan permukaan lapisan air mata agar mata dapat melihat dengan jelas.

Kedua, lapisan air. Lapisan yang terletak di tengah ini merupakan lapisan paling tebal. Fungsinya adalah menjaga agar mata tetap lembab, mencegah masuknya bakteri, serta melindungi kornea.

Ketiga adalah lapisan lendir untuk menjaga agar seluruh lapisan air mata menempel ke mata.

Selain itu, ada fakta ilmiah yang luar biasa bahwa Allah ciptakan air mata dengan rasa asin dan mengandung garam sebagai antiseptik alami untuk mata.

Seorang peneliti asal Amerika dan Jerman pernah melakukan disertasi tentang ini, ternyata air mata yang keluar karena kelilipan, cabe atau bawang berbeda dengan airmata yang keluar karena kecewa dan bersedih.

Air mata yang keluar karena kelilipan cabe dan bawang itu tidak berbahaya namun yang keluar karena menangis, sedih dan kecewa itu mengandung toxin yang berbahaya untuk lambung, dan baiknya adalah dikeluarkan dengan jalan menangis.

Jadi menangislah jika memang diri kita perlu untuk menangis. Air mata selalu menemukan jalannya keluar. Allah ciptakan air mata dengan rasa asin –  selain sebagai antiseptik alami juga memiliki makna untuk mentawarkan kembali suasana hati dan diri yang mengalami suatu kepahitan, kesedihan dan kekecewaan.

Ia selalu jujur dan tak bisa berbohong, karena keluar atas dorongan hati yang suci. Sangat terlihat mana air mata  murni dari hati yang tulus nan suci dan mana yang penuh dengan kepalsuan.

Menangis itu indah, sehat, dan simbol kejujuran. Pada saat yang tepat, menangislah sepuas-puasnya dan nikmatilah karena tidak selamanya orang bisa menangis. Orang orang yang mudah berderai air mata memiliki hati yang lembut, penyayang dan memiliki empati yang tinggi. Menangis mungkin tidak mampu menjadi solusi atas setiap masalah, namun menangis menjadi kunci sebuah ketenangan dalam menghadapi masalah. Maka rasakanlah  saat air mata itu keluar dan resapilah dengan hati.

Terakhir,  insan yang mudah berderai air mata ketika terharu mengingat dan merindukan TuhanNya, air mata itu akan melicinkannya menembus surga. Air mata yang tumpah karena menangisi dosa masa masa lalu akan memadamkan api neraka.

Dalam QS Al-Isra:109, Allah SWT memuji orang yang menangis. “Dan mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk.

Oleh Karena itu, menangislah dan buat dirimu bahagia dan tenang melalui air mata.[]

Comment