23 Tahun KTTI-SKSG-UI, ‘Harmony In Action, Leading With Passion’

 

 

RADARINDONESIANEWS.COM, JAKARTA – Program Studi (Prodi) Kajian Timur Tengah dan Islam (KTTI), Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG), Universitas Indonesia (UI), akan memperingati Ulang Tahun yang Ke-23 pada Senin (27/8/24) siang, bertepatan dengan 20 Safar 1446 Hijriah.

Acara ini akan berlangsung di Gedung Institute for Advancement of Science Technology and Humanity (IASTH), Lantai 5, Kampus UI, Salemba, Jakarta.

Acara ini mengangkat tema: “Harmony in Action, Leading with Passion“ atau “Harmoni Dalam Tindakan, Memimpin dengan Penuh Semangat” dan diselenggarakan oleh Prodi KTTI, SKSG UI, bekerja sama dengan Islamic and Middle East Research Center (IMERC) – Center for Strategic and Global Studies (CSGS) SKSG UI.

Secara umum, kegiatan ini terdiri dari dua bagian, yakni Seminar dan Gala Dinner. Seminar akan berlangsung pada Pukul 13.00 – 15.30 Waktu Indonesia Barat (WIB), sedangkan Gala Dinner akan berlangsung pada Pukul 18.30 – 22.00 WIB. Seminar ini akan diberi kata sambutan oleh Ketua Prodi KTTI, SKSg UI, Prof. Yon Machmudi, M.A., Ph.D.

Adapun tema yang diangkat dalam seminar ini ialah: “Promoting Sustainable Growth and Digital Transformation: Exploring and Building Islamic Values-Based Solution for Indonesia Emas 2045“. “Mempromosikan Pertumbuhan Berkelanjutan dan Transformasi Digital: Mengeksplorasi dan Membangun Solusi Berbasis Nilai-Nilai Islam untuk Indonesia Emas 2045“.

Seminar ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Prof. Dr. Muhammad Nur Rianto Al Arif, M.Si., yang juga alumni Prodi KTTI Angkatan Ketujuh, Program Pascasarjana UI.

Narasumber lainnya ialah Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) Republik Indonesia (RI), Dr. Sulistyowati, S.E., M.Si., yang juga Sekretaris Lembaga Kenaziran BWI. Beliau juga seorang dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Banking School (IBS), serta menjadi Co-Founder Sharia Community. Dr. Sulistyowati juga seorang alumni Prodi KTTI Angkatan Ke-23, Program Pascasarjana UI.

Narasumber lainnya dalam seminar ini ialah Tenaga Ahli (TA) Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo), Donny Budi Utoyo, S.Kom., M.M., yang juga Chairperson of Cybercreation Indonesian Digital Literacy National Movement atau Ketua Siberkreasi Gerakan Nasional Literasi Digital Indonesia.

Moderator dalam seminar ini ialah Annisa Maulidia Alfian, S.E., M.Si., Alumni Prodi KTTI Angkatan Ke-43, SKSG UI. Sedangkan pembawa acara atau Master of ceremony (MC) ialah Mahasiswa Prodi KTTI Angkatan Ke-45, SKSG UI.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ummu Sholihah, M.Si., selaku Ketua Panitia Penyelenggara atau Organizing Committee (OC) Peringatan Ulang Tahun Ke-23, Prodi KTTI, SKSG UI. Sedangkan Ketua Panitia Acara atau Steering Committee (SC) kegiatan ini ialah Abdul Jabar, S.Pd.I., Lc., M.Si., yang juga Ketua IMERC – CSGS SKSG UI.

Dalam sambutannya pada Ahad (26/8/24) malam, Pendiri Prodi KTTI, SKSG UI, Prof. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., Ph.D., menyampaikan rasa syukur dan bahagianya atas peringatan Ulang Tahun Ke-23 Prodi KTTI, SKSG UI (dulu bernama Prodi KTTI, Program Pascasarjana UI). Beliau juga menyampaikan doa dan harapannya terhadap Prodi KTTI.

Ketua UI Halal Center atau Pusat Halal UI itu pun berharap serta mengimbau kepada khalayak ramai, khususnya mahasiswa S1 (Strata 1), untuk melanjutkan di program studi yang berbasis pada kajian akademik, inklusif, multidisiplin dan mencerahkan.

Pernyataan senada diungkapkan oleh Ketua Prodi KTTI Program Pascasarjana UI Masa Bakti 2009-2012, Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, M.Si., M.M., Psikolog., yang juga Guru Besar Fakultas Psikologi UI, pada Ahad (25/8/24) malam.

Mudah-mudahan, lanjutnya, selalu kompak, bahagia, sejahtera lahir batin, guyub satu sama lain, saling bantu membantu untuk ke depan-nya. “Dan jangan lupa datang pada hari Senin, tanggal 26 Agustus 2024, pada siang hari, Jam 13.00 WIB, di Lantai 5, Gedung IASTH, UI Salemba,” ujarnya.[]

Comment